Biro Humas Kemenkumham Adakan Monev Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Kanwil Kemenkumham Jateng

SEMARANG – Biro Humas dan Kerjasama Luar Negeri (KLN) Kementerian Hukum dan HAM RI hari ini (24/09) menggelar monitoring dan evaluasi tentang pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di jajaran Kanwil Jawa Tengah. Bertempat di Ruang Teleconference Kanwil Jawa Tengah, Kadiv Administrasi, Pramono membuka monev yang diikuti oleh 30 peserta dari perwakilan UPT di Jawa Tengah. Sejauh ini pelaksanaan keterbukaan informasi di jajaran Kanwil Jawa Tengah, menurut Kadiv Administrasi telah berlangsung baik, hal ini terlihat dengan telah terbentuknya PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) di setiap UPT.

 

Sebagai narasumber adalah dari Biro Humas dan KLN, Muhamad Mufid dan Valentino Budi Santoso. Monitoring ini terkait dengan pelaksanaan Undang-Undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dalam Undang-Undang ini mengatur tentang hak setiap orang sebagai warga Negara baik perorangan maupun badan hukum untuk melihat dan mengetahui informasi dari badan publik, setiap pemohon informasi berhak mengajukan permintaan informasi publik disertai alasan permintaan tersebut.

Setiap badan publik wajib menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan informasi publik yang akurat dan benar berada di bawah kewenangannya.

 

Badan publik harus membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi untuk mengelola informasi publik secara baik dan efisien sehingga dapat diakses dengan mudah. Undang-Undang ini juga mengatur jenis-jenis informasi publik antara lain yang wajib disediakan secara berkala oleh badan publik, secara serta merta, yang wajib tersedia setiap saat, yang dikecualikan dan yang diperoleh berdasarkan permintaan. (Humas Kanwil Jateng)

semarang monev 1

semarang monev 2

semarang monev 3